Yayasan Panca Tri Harmoni (YPTH) | Sekretariat : Jl. Sedap Malam II No. 16, Kelurahan Kesiman, Denpasar Timur 80237 | Hp : 081 907 045 437 | Mari Mewujudkan Keseimbangan Lima Komponen Inti Mikro dan Makrokosmos Dalam Tiga Keharmonisan Relasi Manusia Dengan Sesama , Alam dan Sang Penciptanya

Selasa, 24 April 2018

BEKERJASAMA DENGAN BALAI WILAYAH SUNGAI(BWS-BP)BALI PENIDA DALAM PEMBENTUKAN DAN PENDAMPINGAN KOMUNITAS PEDULI SUMBER DAYA AIR DI PULAU BALI

Sosialisasi SDA
Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi tentang pentingnya sumber daya air(SDA) secara universal, khususnya di Bali yang secara sosial, Budaya dan Religius telah disepakati oleh masyarakat Bali secara turun temurun. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan membangun komitmen dan mendorong masyarakat bersama semua stake holders untuk secara terpadu berpartisipasi dalam mengelola dan memanfaatkan serta melestarikan sumber daya air.

Terbentuknya komunitas yang secara generik bernama Kelompok Masyarakat Peduli Sumber Daya Air(KM-PSDA) setelah komitmen mulai terbangun dan dengan wadah ini kita melakukan pembelajaran bersama, membuat rencana kerja bersama, membangun bersama dan melakukan Pelestarian bersama mulai dari Hulu sampai di hilir Sungai termasuk Danau serta sumber daya air buatan sepert; Bendungan, Dam dan sebagainya.
FGD. Analisis para pihak yang berhubungan dan berkepentingan dengan SDA
Untuk wilayah Pulau Bali kita telah membentuk dan bekerjasama dengan 9 (sembilan) Komunitas dimana secara kontekstual dilakukan pendampingan sesuai dengan lokasi komunitas yaitu Hulu Sungai yang beririsan dengan Hutan, Tengah beririsan dengan pemanfaatan dan permukiman dan Hilir yang beririsan dengan pantai. Sehingga dalam melakukan pendampingan, pembelajaran akan dimulai dari permasalahan yang ada di lokasi masing- masing.

Pembentukan dan Pendampingan telah dilakukan sejak tahun 2015 bekerja dengan BWS-BP  hingga sat ini dan telah direncanakan sampai 2023, dan hal ini tentu akan disesuaikan dengan sumber pendanaan baik dari Pemerintah serta Swasta yang bisa mendukung ke arah itu.

0 komentar:

Posting Komentar